Saturday 27 August 2011

Masashi Ueda Addict

Saat melalui hari-hari yang cukup membosankan di Jimei (Xiamen), mama saya tiba-tiba mengabarkan bahwa Kobochan dan Kariage Kun kembali diterbitkan setelah sekian tahun vakum. Well, saya tidak bisa lebih senang daripada ini. Anyway, sesaat sebelum saya pergi menuntut ilmu, saya memang tahu bahwa ada karya baru Masashi Ueda yang diterbitkan, Otoboke Section Chief. Tapi karena waktu yang sempit saya bahkan tidak sempat membeli satu buku pun dari mangaka favorit saya sedunia ini.

Sekarang, setiap kali liburan dan kembali ke Jakarta, hal pertama yang saya lakukan – selain melepas rindu dengan masakan Indonesia – adalah pergi ke toko buku dan berbelanja komik. Rasanya kembali mengingat masa muda dulu dimana saya tidak bisa menahan diri untuk tidak membeli komik kurang dari lima buku. Apa boleh buat karena sekarang bukan hanya Kobochan dan Kariage Kun, tapi juga ada Otoboke yang super lucu banget.

Masashi Ueda memang komikus Jepang yang sangat jenius menciptakan cerita lucu dan segar mengenai kehidupan orang Jepang kebanyakan. Ide yang didapatkannya sangat sederhana namun membuat kita sering kali berpikir ‘kok bisa ya dia berpikir hal-hal semacam ini?’. Gambarnya juga kocak banget khususnya para karakter utamanya.

Banyak hal-hal baru dalam kisah Kobochan dan Kariage Kun. Misalnya saja paman Kobo yang akhirnya menikah dengan wanita pujaannya dan Kariage yang akhirnya memiliki sasaran baru – selain Kepala Seksi Kimura – untuk diusili, yaitu ibu kepala staf yang memiliki ukuran tubuh ‘istimewa’. Komik Otoboke Section Chief juga tidak kalah lucunya. Apa sih yang menarik dari komik yang satu ini?

Otoboke si ayah yang super kocak
Saya tidak menyangka akan mengatakan ini, tapi Otoboke ternyata lebih lucu dari Kobochan! Otoboke adalah seorang kepala seksi di kantornya dan seorang ayah sekaligus kepala rumah tangga yang biasa-biasa saja di rumahnya. Tapi tingkahnya terkadang membuat orang menggeleng-geleng kepala. Dia sangat tidak mau kalah dan selalu menganggap dirinya menjadi orang yang paling diandalkan di rumahnya. Dia selalu ingin menjadi contoh dan teladan yang baik bagi kedua anaknya, Kozue dan Hiroshi, namun justru ia lebih sering menjadi bahan tertawaan anak-anaknya. Di balik semua kekonyolan yang diciptakannya, Otoboke adalah ayah berhati hangat. Dia juga seorang pria tengah baya yang berani membela wanita-wanita muda yang sering jadi korban kejahatan meski sering kali justru dia ketiban sial.

Anyway, setiap kali membaca komik yang satu ini saya selalu bisa cekikikan sendiri sampai perut keram. Sayang harga komik ini lebih mahal daripada Kariage Kun dan Kobochan. Tapi apa boleh buat, saya memang Masashi Ueda Addict!

Note: Akhrinya buku Flipped keluar dalam versi bahasa Indonesia! Akan saya simpan untuk perjalanan kembali ke Jimei. Can’t wait anymore!

Note ke-2: Saya tidak percaya mereka mencetak kembali Asterix, Tin Tin, dan Johan & Pirlouit dan menjualnya dengan harga yang sangat mahal. Yeah, memang bisa dimaklumi karena komik klasik dari Perancis dan Belgia ini memang full colour. Tapi tetap saja harganya yang sangat tinggi membuat anak-anak tidak bisa menikmatinya. Syukurlah keluarga kami sudah memiliki koleksi lengkap cetakan pertama yang masih murah meriah.

No comments:

Post a Comment