Tuesday 16 August 2011

hippo (ke) jepit

Apa itu hipokrit? Kita sering mendengar kata ini tapi parahnya sering kali kita tidak mengerti, atau bahkan lebih parah, tidak sadar kalau diri kita sendiri hipokrit. Saya ingin menantang, apakah ada di dunia ini manusia yang tidak pernah bersikap hipokrit? Kita harus mengakui bahwa bertindak sesuai dengan apa yang kita katakan atau kita percayai adalah hal yang teramat sulit. Bahkan sering kali kita mengorbankan banyak hal untuk melakukan yang benar.

Anyway, akhir-akhir ini saya mengamati satu hal yang menarik sekaligus - mungkin - bisa membuat banyak orang marah, kesal, dan menyalahkan saya. Apakah anda menyadari bahwa orang beragama dan memiliki kepercayaan justru menjadi orang yang paling sering bersikap hipokrit? Well, karena saya sendiri orang yang beragama dan berbudaya, masalah ini semakin menarik perhatian saya. 

Banyak orang berdoa menangkal gaya hidup yang materialisme dan kehidupan duniawi tapi dirinya sendiri tinggal di kota paling kosmopolitan di Asia dan bahkan beribadah di atas bar. Apakah anda bisa bertahan hidup dengan bersikap sesuai dengan yang anda percayai? Untuk apa anda hidup di negara tersebut? Untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik? Kalau begitu anda harus melanggar hal-hal yang anda yakini, bukan?

Ada lagi yang mengatakan jangan membunuh tapi masih saja terjadi pembunuhan atas dasar agama dan kepercayaan. Padahal kita sama-sama tahu bahwa membunuh tetap saja membunuh, tidak ada rasa kemanusiaan. Mirisnya lagi orang-orang yang atheis justru lebih manusiawi. Orang-orang ini memang individualis tapi setidaknya mereka tidak merepotkan diri untuk membunuh orang lain.

Well, saya tidak bermaksud menghakimi siapapun karena saya bukan Tuhan. Tapi setidaknya satu hal yang saya pelajari dari hal ini adalah: 1. Berhati-hati dengan apa yang anda katakan bersangkutan dengan keimanan anda; 2. Jangan pernah berpikir bahwa agama, iman, dan kepercayaan adalah hal yang mudah dimengerti dan dilaksanakan; 3. Jangan pernah berpikir bahwa agama bisa menciptakan kedamaian dunia dan membuat hidup anda lebih makmur.

No comments:

Post a Comment