Sunday 25 November 2012

四大传说《木兰辞》


 
《木兰辞》adalah satu dari empat dongeng klasik China (《梁山伯祝英台》、《孟姜女》、《嫦娥奔月》) yang sangat popular. Banyak orang menduga Mulan benar-benar ada dan merupakan salah satu tokoh sejarah Cina yang sangat terkenal. Namun sebenarnya kisah Mulan merupakan dongeng yang berasal dari nyanyian rakyat suku Xian Bei (鲜卑族) yang hidup di China utara pada masa dinasti Nan Bei (南北朝). Jika ditanya apakah Mulan benar-benar ada, maka jawabannya sulit mengatakan tidak atau iya. Karena orang-orang percaya pada masa kuno ada memang kemungkinan wanita menyamar sebagai pria dan menjadi prajurit. Namun apakah orang itu adalah Mulan, maka sulit untuk dipastikan.

Meskipun hanya merupakan sebuah dongeng namun Mulan menjadi simbol keberanian seorang wanita yang pada akhirnya menjadi pahlawan, atau dinamakan dengan huruf “” (cí) yang berarti pahlawan untuk wanita, berlawanan dengan penyebutan “” (xióng)  untuk pria. Bagi suku Han sendiri kisah Mulan sangat populer hingga menambahkan marga “” di depan nama Mulan karena kebiasaan orang-orang Han memiliki marga di depan nama mereka.

Kisah Mulan yang kita saksikan saat ini, baik versi Disney ataupun versi dari daratan China sendiri, sudah merupakan kisah tambahan dengan tujuan komersial. Kisah Mulan yang sesungguhnya dapat kita lihat dari nyanyian rakyat asli suku Xian Bei berikut ini:


《木兰辞》

唧唧复唧唧,木兰当户织
不闻机竹声,唯闻女叹息
问女何所思,问女何所忆
女亦无所思,女亦无所忆
昨夜见军帖,可汗大点兵
军书十二卷,卷卷有爷名
阿爷无大儿,木兰无长兄
愿为市鞍马,从此替爷征

东市买骏马,西市买鞍鞯
南市买辔头,北市买长鞭
且辞爷娘去,幕宿黄河边
不闻爷娘唤女声,但闻黄河流水鸣溅溅
旦辞黄河去,幕至黑山头
不闻爷娘唤女声,但闻燕山胡骑鸣啾啾
万里赴戎机,关山度若飞
朔气传金柝,寒光照铁衣

将军百战死,壮土十年归
归来见天子,天子坐明堂
策勋十二转,常赐百年强
可汗问所欲,木兰不用尚书郎
愿驰千里足,送儿还故乡

爷娘闻女来,出郭相扶将
阿姊闻妹来,当户理红将
小弟闻姊来,磨刀霍霍向猪羊
开我东阁门,坐我西阁床
脱我战时袍,著我旧时裳
当窗理云鬓,对镜帖花黄
出门看伙伴啊,伙伴皆惊惶
同行十二年,不知木兰是女郎

雄兔脚扑朔,雌兔眼迷离
双兔榜地走,安能辨我是雄雌?

Dalam syair lagu rakyat ini dikisahkan Mulan adalah putri kedua dari tiga bersaudara. Saat ayahnya mendapat panggilan untuk berperang, Mulan pun menjadi gundah gelisah karena ayahnya sudah tua dan ia tidak memiliki kakak lelaki sementara adik lelakinya masih terlalu kecil untuk menggantikan sang ayah. Akhirnya Mulan pun memutuskan untuk menyamar sebagai pria dan pergi menggantikan sang ayah.

Dikisahkan Mulan meninggalkan kampung halamannya dan berperang selama bertahun-tahun. Ia pun akhirnya menjadi prajurit handal dan seorang pahlawan bagi negaranya. Saat perang berakhir dan raja akan memberikan hadiah padanya Mulan pun berkata bahwa ia tidak mengingkan hadiah atau jabatan apapun selain kembali pulang ke kampung halamannya.

Saat tiba di rumahnya, Mulan masuk ke kamar, bercermin melihat wajahnya sendiri yang selama puluhan tahun tidak pernah dilihatnya lagi. Ia mengganti pakaian perangnya dengan pakaian semasa remajanya dan kembali menjadi anak perempuan kedua orang tuanya. Saat ia menjumpai teman-teman sesama prajurit dalam pakaian wanita, mereka pun terkejut dan tidak menyangka bahwa Mulan adalah seorang wanita.

Kisah ini pun ditutup dengan penggambaran dua ekor kelinci yang dilihat dari kejauhan. Kita tidak bisa membedakan mana yang betina dan mana yang jantan. Mulan pun seperti kelinci tersebut, wanita yang menyamar sebagai pria dan sulit dibedakan jati dirinya yang asli. Keberanian Mulan dan cintanya pada keluarganya telah memberikan inspirasi bagi kaum wanita di manapun juga.

No comments:

Post a Comment